deveel’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Emosi Yang Negatif (II)

Bagaimana Mengatasi Emosi Negatif

Dengan memutuskan dan berusaha untuk mengatasi emosi negatif di dalam diri kita, berarti kita memilih untuk hidup sehat secara rohani maupun jasmani. berikut ini ada bebrapa cara untuk mengatasi emosi negatif.

A.Jangan Biarkan Pikiran Negatif Menguasai

Pemikiran-pemikiran seperti, “Hidup ini tidak adil, dia memperlakukan saya semena-mena, dia mempermalukan saya, dia sombong, keterlaluan, dll.,” hanya akan memperburuk keadaan dan membuat Anda menjadi marah atau mengasihani diri sendiri. Gantikan peikiran-pikiran negatif tersebut dengan mulai berpikir positif, “Dia pasti tidak sengaja, dia tidak bermaksud menyakiti saya,” atau “Tidak ada yang sempurna di dunia ini, setiap orang bisa berbuat salah termasuk juga saya.” Apa yang anda pikirkan akan sangat mempengaruhi respons dan tindakan anda. Itu sebabnya Paulus mengingatkan kepada kita, “Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.“(Flp 4:8)

B.Menentukan Sikap

Emosi-emosi negatif mungkin saja dipicu oleh suatu keadaan. tetapi anda bisa menetukan sikap. Tak seorangpun bisa mengontrol keadaan atau cara orang memperlakukan Anda, tetapi Anda bisa mengontrol sikap. Anda bisa memilih bagaimana menyikapi ketidakadilan, fitnah, penghinaan, kesulitan ekonomi, rasa malu, rasa diabaikan, kecurangan, penghianatan dan berbagai situasi lainnya yang bisa memicu  emosi negatif. Putuskanlah untuk tetap berlaku baik dan ramah, putuskan untuk bersabar dan mengasihi. Memang bukanlah hal yang mudah untuk melakukan semua ini, tetapi mintalah kekuatan dan kemampuan dari Tuhan sehingga Anda tetap berpikir secara rasional dan mampu menyikapi setiap keadaan secara positif. Renungkan dan praktekkan firman Tuhan berikut ini. “Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam ALLAH yang menyelamatkan aku.“(Hab 3:17-18). “Tetapi aku hendak bersorak-sorak untuk selama-lamanya. aku hendak bermazmur bagi Allah Yakub.“(Mzm 75:10).

C.Miliki Hati Ynag Mau Mengampuni

Suatu proyek penelitian yang diadakan di Universitas Wisconsin menunjukkan bahwa belaar mengampuni dapat menolong untuk menghindari penyakit jantung bagi orang-orang setengah baya. Ketika seseotang mengampuni, ia melepaskan beban emosional maupun spiritual dan juga beban fisik. Hanya pengampunan yang dapat membebaskan Anda dari perasaan yang meracuni dan merusak tubuh. Ketika anda memilih untuk tidak mengampuni, Anda sebenarnya sedang menyiksa diri sendiri. “Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni  kamu.“(Ef 4:32)

D.Kembangkan Rasa Humor

Dr.Lee Berk dari Loma Linda Universitas Medical Center menyimpulkan bahwa tertawa meningkatkan sistem kekebalan tunuh dan mengurangi hormon stress yang berbahaya. Dr.William Fry Jr. meneliti khasiat dari terapi tertawa dan humor selama ± 30 tahun dan ia menyimpulkan bahwa tertawa membersihkan udara di paru2 dan membuat otot, saraf serta jantung menjadi hangat dan rileks. Bukankah Alkitab sudah memberitahukan tentang hal ini? “Hati yang gembira membuat muka erseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.“(Ams 15:13). “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.“(Ams 17:22). “Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!.”(Flp 4:4).

Usahakan agar Anda bisa Tersenyum dan tertawa setiap hari karena itu adalah obat yang manjur. Kiranya Tuhan memberikan kekuatan kepada kita untuk mengatasi emosi negatif kita!

sumber: Manna Sor

October 13, 2009 - Posted by | health, religion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: